Friday, November 21, 2008
Progress Report Edukasia
Majalah Edukasia adalah sebuah bidang usaha milik Pesantren Darunnajah, yang artinya Ummat Islam secara keseluruhan merupakan stakeholder. Sebagai penanggung jawab Edukasia, kami merasa perlu melaporkan perjalanan bisnis majalah Parenting Keluarga Muslim yang telah mencapai edisi ke 3 (cover diatas) kepada masyarakat umum.
I.PROGRESS REPORT EDUKASIA
Distribusi
Selain didistribusikan untuk keluarga Darunnajah seperti wali Santri Darunnajah Group, Edukasia juga telah rutin dengan mudah didapatkan di toko-toko buku terkemuka seperti Gramedia, Gunung Agung, Gedung2 Perkantoran di Jakarta, hotel2, Bandara, beberapa Kampus2 Universitas, Jaringan Supermarket seperti Giant, Hero, Yogya, Superindo baik di Jakarta maupun diluar Jakarta (sementara paling jauh di Bandung, Purwakarta, Cilegon, Indramayu). Terimakasih kepada MM Distribusindo (Andi Junaidi) yang telah membantu semua ini terwujud.
Sedang diusahakan rak majalah Edukasia yang akan disebar ke berbagai Koperasi Sekolah, termasuk tentunya Darunnajah Group dan pondok binaan.
Pemasukan
Jumlah eksemplar Edisi Pertama (September) baru akan diketahui seluruhnya berbarengan dengan distribusi edisi ke-3. Tetapi, sebagai gambaran kasar, sekitar 20% dari majalah yang tersebar laku terjual. Ini mengejutkan kami mengingat Edukasia di luncurkan tanpa promosi yang menunjang.
Jumlah pelanggan belum banyak, baru mencapai sekitar 20 orang, dan ini disebabkan bukan tidak ada yang ingin berlangganan, tetapi lebih kepada ketidaksiapan tim sirkulasi.
Namun, disatu sisi, mulai edisi ke 2, beberapa slot Iklan di Edukasia telah terjual. Ini melebihi target kami yang hanya berharap pengiklan baru akan hadir setelah paling cepat edisi ke 6.
Tak hanya itu, yang lebih menambah keyakinan kami bahwa we're on the right track adalah penawaran dari salah satu tokoh nasional yang berniat menanam saham di Edukasia. Alhamdulillah.
Redaksi
Alhamdulillah pula dalam edisi November ini ada rubrik Dunia Pesantren yang akan mengangkat nilai-nilai dan sistem kependidikan di dunia pesantren pada umum-nya. Insya Allah rubrik ini didukung pula oleh Pekapontren (bpk Amin Haedari) dan sedang menuju kerjasama pembelian Edukasia oleh Depag yang diprakarsai oleh KH Mahrus Amin.
Rubrik tanya jawab juga semakin semarak ditambah kehadiran Ust Sofwan Manaf sebagai expert di bidang Pendidikan Pesantren.
Kabar gembira yang lain adalah bahwa salah satu alumni terbaik kita, Ustadz Arifin Ilham telah menyatakan secara langsung kepada kami pribadi di kediaman beliau di Depok, bahwa beliau bersedia mengasuh rubrik Do'a di Majalah ummat ini. Kiranya dukungan beliau sebagai Alumni Darunnajah merupakan berkah yang tak terhingga dan akan sangat berarti untuk melanjutkan perjuangan untuk pendidikan Islam melalui media cetak ini.
Terlebih, salah satu alumni Darunnajah yang berkecimpung di bidang fotografi (freelance Kantor berita Antara) siap membantu meningkatkan kualitas tampilan dari Majalah kita ini. Alhamdulillah. Kamipun mengundang keluarga besar untuk senantiasa menyuport dari segala segi.
II. PROGRAM JANGKA PENDEK
Maksimalisasi Iklan
Program yang akan dijalankan kedepan insya Allah yang menjadi prioritas adalah menggali potensi iklan yang belum banyak tergarap. Untuk itu kami mengundang keluarga besar Darunnajah, terutama yang mempunyai akses ke corporate2 yang siap untuk beriklan- untuk turut aktif memberi masukan informasi yang bermanfaat di bidang Advertising ini, sehingga Edukasia bisa berdiri mandiri secepatnya. Insya Allah tersedia kompensasi atas bantuan professional tersebut.
Musyawarah Kerja Edukasia
Musyawarah kerja akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Beberapa target yang ingin dicapai adalah: Struktur Organisasi, Standard Operational Procedure, Job Description, Program kerja masing-masing bagian. Seluruhnya diharapkan bisa membentuk system kerja yang lebih jelas.
Focus Group Discussion;
Disamping itu, insya Allah kami akan segera membuat semacam "Focus Group Discussion" yang akan menjadi ajang kritik dan masukan majalah Edukasia. Kami berharap saudara- kawan yang concern pada dunia jurnalistik dan pendidikan untuk bisa terlibat agar kami bisa senantiasa memperbaiki diri.
III. KETERBATASAN
Promosi Gerilya
Meskipun begitu, dengan keterbatasan anggaran, kami belum mampu banyak berpromosi secara besar2an. Untuk itu, sementara kami memilih untuk berpromosi dengan cara bergerilya karena kami percaya bahwa marketing lisan (dari mulut kemulut) juga merupakan cara yang effektif untuk berpromosi. Leaflet2 tentang Edukasia akan disebarkan diberbagai titik terutama yang berada dalam network MM Distribusindo.
Kami pun aktif mengajak keluarga besar Darunnajah (asatidz, alumni, walisantri serta seluruh kalangan umum, yang memiliki kantong2 komunitas yang sesuai dengan segment majalah ini (Orangtua yang memiliki anak Remaja) untuk turut serta mempromosikan majalah yang penting untuk pendidikan keluarga ini. Kami telah membuat format kerjasama (terlampir di attachment) yang insya Allah bisa menambah pemasukan finansial sekaligus beribadah membantu bidang usaha pesantren.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comment:
Progress report? Hmmm... OPPM minded. But it's good for growth. Go progress Santripreneur!
Post a Comment