Friday, August 31, 2007

Mendongeng


Mungkin kebiasaan "mendongeng" terdengar sepele dan tidak penting,tapi sebenernya Mendongeng adalah kebiasaan yang mahal dan sangatberharga..

Menurut yang saya pernah baca (lupa dimana) dalam "mendongeng"sebenarnya ada kegiatan yang sangat bagus dilihat dari point of viewsang anak ketika mereka menyimak dongeng, dari mulai mendengar,memperhatikan, menyimak dan yang terpenting, membayangkan (imajinasi)yang berkaitan dengan kegiatan otak kanan mereka.. apalagi jikaditambah bonus kedekatan dengan sang pendongeng (orang tua).

Bandingkan dengan ketika mereka menonton televisi. Imajinasi merekatidak terlatih karena media TV tersebut memanjakan penonton denganmenyajikan tidak hanya audio, tetapi juga visual sehingga penontontidak perlu susah-susah membayangkan bentuk visual dari ceritatersebut.

Tetapi jangan salah, sebenarnya budaya mendongeng masih akrabdisekeliling kita hingga saat ini. Hanya sayangnya, berbeda denganbeberapa dekade yang lalu, ketika dongeng dituturkan oleh orang tuakita, kali ini TV lah yang mengambil alih peran itu. Itulah salahsatu alasan kenapa program2 TV yang punya rating tinggi adalahprogram yang berbau dongeng seperti gosip selebritis atau ceritamahkluk ghoib.

Kalau dipikir, sekali lagi, malang memang nasib bangsa kita. Bisadibilang kita melompat dari budaya mendongeng dan langsung dipaksamenuju budaya audio visual. Ada satu budaya yang terlewat dan tidaksempat tertanam kuat di masyarakat kita; budaya Membaca.

Bandingkan dengan masyarakat di negeri maju. Sebelum ada budaya audiovisual (TV, Internet), mereka lebih dahulu menikmati budaya membacayang tertanam kuat di masyarakat.Walhasil, budaya membaca tidak hilang dan bisa berjalan seimbangdengan budaya lainnya yang datang setelahnya. Mungkin itulah kenapamembaca novel adalah pemandangan yang umum saat berada didalam biskota atau trem dikota-kota besar negeri maju. Mungkin juga itulahkenapa buku Harry Potter bisa terjual 11 Juta copy di UK dan US hanyadalam tenggang waktu 24 jam!

Dedy, Bristol

No comments: